Pangdam VI/Mlw Awali Kunjungan Kerja Di Wilayah Kaltara

TARAKAN, – Sepekan menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, mengawali kunjungan kerja pertamanya ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Tiba Bandara Internasional Juwata Tarakan, Pangdam dan rombongan disambut dengan prosesi Tepung Tawar dan Tarian Tungal Lingkuda, Rabu (27/7)

 

Kedatangan Mayjen TNI Tri Budi Utomo disambut Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Rifki,S.E., M.M., Gubernur Kaltara, Dandim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana,S.I.P.,M.Si, Wali Kota Tarakan, Kapolres Tarakan, Ketua DPRD Tarakan, Kepala Kejaksaaan Negeri Tarakan dan beberapa Unsur Pejabat TNI - POLRI Wilayah Kota Tarakan.

 

Satuan pertama yang dikunjungi adalah Kodim 0907/Tarakan, dan setibanya di Markas kodim 0907/Trk Jenderal Bintang Dua tersebut berkesempatan memberikan pengarahan kepada anggota TNI.

Dalam pengarahannya, Pangdam mengungkapkan alasanya wilayah Kaltara menjadi prioritas kunjungan karena di Korem/092 Maharajalila ini ada daerah perbatasan dengan Negara tetangga Malaysia. Tentunya banyak sekali kerawanan maupun permasalahan yang akan timbul di perbatasan

 

Kepada para Dansat yang hadir, Pangdam meminta laporan dari jajarannya di Kaltara terkait kerawanan yang akan timbul, sehingga bisa menjadi prioritas dalam program kerjanya setelah menjabat. sebagai Pangdam VI/Mlw.

Ditegaskan oleh Pangdam, Kaltara nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim yang saat ini sudah berproses. Sebagai penyangga Ibukota negara ini, salah satu prioritas Pangdam adalah meyakinkan daerah perbatasan aman. 

“Kalau perbatasan aman, berarti di Ibukota Negara juga aman,” tambahnya. 

 

Menyinggung kerawanan di wilayah Kaltara yang menjadi perhatian Pangdam. Salah satunya adalah narkoba dan ancaman di perbatasan. Jenderal Bintang Dua menyebut soal keberhasilan anggotanya mengungkap pelaku peredaran narkotika di wilayah perbatasan belum lama ini.

“Narkotika dan barang kebutuhan rumah tangga, daging ilegal yang pernah kami amankan dari peredaran yang ada di perbatasan,” katanya. 

 

Sementara itu Kapendam VI/Mlw Kolonel Inf Taufik Hanif mengatakan kunjungan Pangdam VI/Mulawarman yang didampingi Istri Ny Rahma Tri Budi Utomo untuk bersilahturahmi dengan para pejabat TNI, Polri serta FKPD di wilayah Kaltara, karena beliau sebagai Pejabat baru di Kodam VI/Mlw. Selain itu Pangdam juga ingin melihat secara dekat dan langsung keadaan para prajurit TNI dan satuan Jajaran Kodam VI/Mlw di Kaltara, terutama para prajurit yang sedang melaksanakan tugas kehormatan menjaga perbatasan RI-Mly.